» » WISATA inklusi untuk DIFABEL

WISATA inklusi untuk DIFABEL

posted in: TIPS | 0

Wisata inklusi untuk difabel merupakan impian dari PUASTOUR untuk semua orang yang memiliki kebutuhan khusus. PUASTOUR lebih memilih menggunakan kata difabel dibanding penyandang disabilitas atau cacat. Hal ini berdasarkan pemahaman bahwa orang yang memiliki kelainan fisik/mental memiliki kemampuan berbeda.

Wisata INKLUSI untuk DIFABEL

Wisata inklusi untuk difabel adalah salah satu prioritas PUASTOUR dalam layanan wisata ramah anak, lansia & difabel.

Berikut beberapa istilah yang merujuk pada orang difabel yang sering digunakan di masyarakat:

Cacat

Istilah cacat seringkali digunakan untuk mendefinisikan orang yang memiliki kekurangan baik secara fisik ataupun mental. Istilah cacat seringkali digunakan untuk mendefinisikan sesuatu yang negatif. Bagi kami hal tersebut tidak benar. Karena setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan yang berbeda satu sama lain.

Kebutuhan Khusus

Istilah kebutuhan khusus sering digunakan untuk merujuk kebutuhan berbeda dari kaum difabel. Namun lebih jauh, sebenarnya setiap orang memiliki kebutuhan khusus, terlebih anak, lansia, & difabel. Bukankah anak-anak dan orang tua lanjut usia juga memiliki kebutuhan khusus yang berbeda dengan orang usia produktif? Pampers misalnya.

Disabilitas

Istilah disabilitas adalah serapan dari Bahasa Inggris disability yang berarti ketidakmampuan melakukan sesuatu. Hal ini sangat tergantung dari tempat/lokasi di mana orang itu berada. Apakah Anda mampu memanjat tebing? Jika tidak mampu, maka Anda bisa dikatakan disabled to climb the cliff.

Difabel

Istilah difabel (different ability—kemampuan berbeda) menjelaskan bahwa orang dengan kelainan fisik/mental memiliki kemampuan yang berbeda dalam melakukan sesuatu. Istilah difabel adalah yang paling pas bagi kami dalam mendefinisikan orang dengan kelainan fisik/mental. Karena kami percaya bahwa orang dengan kelainan fisik/mental memiliki kemampuan lain yang kadang tidak kita duga bisa lebih dari orang kebanyakan.

Baca: WISATA ROHANI ziarah & rekreasi bersama DIFABEL

Menuju Gua Maria Pohsarang

Meski belum banyak objek wisata yang aksesibel untuk difabel, tidak menyurutkan langkah kami melayani orang difabel. Dengan penanganan yang baik dan benar, orang difabel bisa berwisata dan merasakan pengalaman tamasya yang menyenangkan. Ada banyak ragam difabel: netra (penglihatan), daksa (fisik tangan/kaki), rungu (pendengaran), wicara (pengucapan), grahita (pemikiran), dan ganda (memiliki dua atau lebih kelainan) yang masing-masing perlu penanganan tersendiri.

PUASTOUR memberikan layanan wisata inklusi untuk difabel.

Mari memberikan kesempatan setara bagi orang difabel termasuk dalam hal wisata. Mereka berhak merasakan kebahagiaan bertamasya layaknya orang kebanyakan. Karena setiap orang diciptakan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kesempurnaan hanyalah milik Allah semata.

 

Konsultasikan layanan khusus yang Anda butuhkan, PUASTOUR siap melayani sepenuh hati. Chat WA: 0812-3040-7650

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.