» » WISATA ALAM Gunung Bromo Jawa Timur Indonesia

WISATA ALAM Gunung Bromo Jawa Timur Indonesia

posted in: TIPS | 0

Wisata Alam Gunung Bromo sudah sangat terkenal, baik di dalam maupun luar negeri. Beragam suguhan panorama alam dalam satu kawasan menjadi nilai lebih Gunung Bromo. Mulai dari Puncak Penanjakan, Lautan Pasir, Kawah Bromo, Pura Luhur Poten, Pasir Berbisik, Padang Savana, hingga Bukit Teletubbies.

Wisata Alam Gunung Bromo

Puncak Penanjakan

Puncak Penanjakan adalah salah satu spot Wisata Alam Gunung Bromo yang wajib Anda kunjungi oleh wisatawan terutama mancanegara. Puncak Penanjakan adalah lokasi dimana para wisatawan dapat melihat matahari terbit dari ufuk timur. Puncak Penanjakan berada di ketinggian 2700 meter di atas permukaan air laut. Biasanya para wisatawan akan tiba di Puncak Penanjakan pada dini hari sebelum matahari terbit. Persiapkan baju hangat atau jaket tebal untuk mengurangi hawa dingin yang menusuk tulang.

Segara Wedi (Lautan Pasir)

Segara Wedi atau dalam Bahasa Indonesia disebut Lautan Pasir merupakan kawasan terbuka yang terhampar di sekeliling Gunung Bromo. Segara Wedi ini terbentuk dari debu pasir vulkanik yang dikeluarkan Gunung Bromo saat erupsi. Segara Wedi menjadi spot wisata yang sangat disukai oleh para penggemar olah raga off road, karena kontur tanah yang terjal dan bergelombang. Rasakan sensasi naik Jeep Bromo 4×4 yang menantang di Segara Wedi.

Kawah Bromo

Kawah Gunung Bromo berada di ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggian yang relatif rendah Kawah Gunung Bromo menjadi salah satu spot wisata favorit untuk dikunjungi, baik oleh turis lokal maupun mancanegara. Anda bisa berjalan kaki dari parkir jeep atau naik kuda (sewa) untuk mencapai kaki kawah. Setelah itu Anda harus menaiki tangga yang lumayan curam untuk sampai ke Puncak Kawah Bromo. Siapkan fisik Anda untuk mendaki Kawah Gunung Bromo.

Pura Luhur Poten

Pura Luhur Poten adalah tempat ibadah Suku Tengger, warga lokal sekitar Gunung Bromo yang beragama Hindu. Pura Luhur Poten berada tepat di kaki Gunung Bromo. Jika Anda naik ke Puncak Gunung Bromo untuk melihat kawah pasti akan melewati Pura Luhur Poten ini. Pura Luhur Poten akan ramai pada saat ibadah umat Hindu Tengger, terutama saat upacara Kasada.

Pasir Berbisik

Sama seperti Segara Wedi, Pasir Berbisik adalah kawasan padang pasir terbuka di kaki Gunung Bromo. Di musim kering Anda akan mendengar suara lembut akibat gesekan pasir yang diterpa angin seperti orang yang sedang berbisik-bisik. Pasir Berbisik biasa digunakan untuk photo stop bersama rombongan dengan latar pegunungan yang indah.

Padang Savana

Padang Savana adalah salah satu spot pilihan yang berada di sekitar Kawah Bromo. Padang Savana berupa hamparan tanah luas yang menyajikan panorama alam yang begitu indah. Padang Savana dikelilingi gugusan pegunungan Tengger yang berwarna hijau kebiruan. Jika beruntung, Anda akan menjumpai bunga-bunga es seperti embun di pucuk rerumputan di musim kering pada pagi hari. Hal ini disebabkan karena cuaca di Gunung Bromo akan relatif lebih dingin pada musim kering.

Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies adalah gugusan perbukitan yang menjadi latar belakang Blok Savana Gunung Bromo. Karena bentuknya seperti gundukan-gundukan tanah berwarna hijau seperti dalam film Teletubbies produksi BBC London, perbukitan ini akhirnya disebut Bukit Teletubbies oleh masyarakat sekitar. Sedang nama aslinya sendiri adalah Blok Savana.

Klik Paket Wisata Alam Gunung Bromo Selengkapnya!

Untuk menikmati Wisata Alam Gunung Bromo, Anda bisa menggunakan mobil pribadi atau sewa mobil hingga titik penjemputan Jeep Bromo. Setelah itu Anda diharuskan menggunakan Jeep Hardtop 4×4.

PUASTOUR 0812-3040-7650 siap menghantar Anda menikmati Wisata Alam Gunung Bromo!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.