» » COBAN RONDO air terjun PALING POPULER di Malang Raya

COBAN RONDO air terjun PALING POPULER di Malang Raya

posted in: TIPS | 0

Coban Rondo air terjun paling populer di Malang Raya jauh sebelum adanya pengelolaan air terjun lain seperti Coban Rais atau Coban Talun. Air terjun Coban Rondo terletak di Dusun Sebaluh, Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Air terjun ini sangat populer karena berdekatan dengan Kota Wisata Batu yang menyajikan berbagai destinasi wisata menarik.

Coban Rondo air terjun paling populer

Air terjun Coban Rondo Malang adalah salah satu air terjun yang berada di area pegunungan yang berada di ketinggian 1.135 meter dpl. Udara yang sangat sejuk dan pemandangan alam yang masih natural menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap wisatawan yang datang.

Ketinggian air terjun Coban Rondo mencapai 84 meter. Sumber air terjun ini berasal dari mata air yang berada di sisi lereng gunung Kawi, yaitu mata air Cemoro Mudo. Debit air berkisar antara 90 lt/dtk pada musim kemarau hingga 150 lt/dtk pada musim penghujan.

Coban Rondo sebenarnya merupakan bagian dari rangkaian air terjun bertingkat. Dimulai dengan air terjun kembar bernama Coban Manten di posisi paling atas. Selanjutnya di tengah ada Coban Tengah atau juga disebut Coban Dudo. Terakhir di posisi paling bawah adalah Coban Rondo. Air terjun ini pertama kali diresmikan menjadi tempat wisata pada tahun 1980.

Legenda Coban Rondo air terjun janda

Dalam bahasa Indonesia, Coban Rondo berarti air terjun janda. Menurut legenda, tersebutlah Dewi Anjarwati dari Gunung Kawi dan Raden Baron Kusumo dari Gunung Anjasmoro yang saling jatuh cinta. Keduanya memutuskan untuk mengikat janji dalam pernikahan.

Baru berselang beberapa hari dari pesta pernikahan, Dewi Anjarwati mengajak suaminya untuk bertandang ke rumah orang tua mereka yang ada di Gunung Anjasmoro. Namun niat ini ditentang oleh orang tua Dewi Anjarwati.

Menurut tradisi Jawa kuno, pasangan pengantin baru dilarang bepergian sebelum usia pernikahan mencapai 35 hari atau selapan dalam Bahasa Jawa. Hal ini diyakini bisa mendatangkan kesialan bagi pasangan tersebut.

Namanya anak muda yang sedang dimabuk cinta, Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusumo tetap bersikeras ingin pergi. Di tengah perjalanan, Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusumo bertemu dengan Joko Lelono.

Rupanya orang asing itu terpikat kecantikan Dewi Anjarwati pada pandangan pertama. Joko Lelono pun menantang Raden Baron Kusumo berduel untuk memperebutkan Dewi Anjarwati. Sang istri diminta untuk menyembunyikan diri di balik air terjun sembari menunggu suaminya datang menjemput.

Tak disangka, Raden Baron Kusumo dan dan Joko Lelono sama-sama tewas dalam pertarungan. Janji Raden Baron Kusumo untuk menjemput istrinya tak bisa dipenuhi. Tinggallah Dewi Anjarwati yang menjanda meratapi nasibnya di balik air terjun. Kasian banget kan…hiks!

Alasan memilih Coban Rondo sebagai destinasi wisata

Selain air terjun yang memberikan kesegaran alami, ada juga berbagai macam fasilitas penunjang seperti outbond, camping ground, dan wahana permainan. Beberapa wahana permainan favorit wisatawan antara lain labirin, paint ball, berkuda dan flying fox.

Saat ini pengelola Wana Wisata Coban Rondo juga menyiapkan resort untuk menginap bersama keluarga ataupun gathering dan meeting kantor di resort Coban Rondo adalah cara nyaman menikmati alam. Merasakan bermalam di tengah rerimbunan pohon pinus. Sambil menikmati kesegaran dan keindahannya alam di pagi hari.

 

Dapatkan kepuasan berwisata di Coban Rondo air terjun paling populer di Malang Raya bersama PUASTOUR 0812-3040-7650

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.